Select Page

Jika Anda berkumpul dengan sama-sama pebisnis Anda dan menanyakan tentang apa sebenarnya yang di inginkan pelanggan, mungkin akan mendengan sesuaitu seperti “ produk yang berkwalitas, nilai terbaik, pelayanan yang hebat. Iya, memang hal itu tidak sepenuhnya salah, tetapi itu hanya seperti kendaraan /alat yang secara tampilan bagus, mewah atau nyaman.
Menjadi pebisnis Café atau restoran tentunya harus memahami, apa sebenarnya yang diinginkan oleh pelanggan Anda. Mengapa mereka kembali lagi untuk datang ? mengapa mereka asyik untuk berlama-lama bersantai di tempat Anda ? mengapa mereka memutuskan untuk menjadi pelanggan Anda ? tidak di tempat lain.

Berikut pemaparan dari seorang guru penjualan Jerry Acuff, penulis buku The Relationship Edge in Business. 7 Rahasia keinginan pelanggan yang jarang diketahui para Pebisnis:

pelanggan ingin merasa penting.
Pelanggan tidak ingin menjadi satu cara / alat bagi Anda untuk menghasilkan lebih banyak uang. Mereka ingin kedatangan mereka ke tempat Anda adalah hal penting bagi Anda, bahkan Anda akan merasa rugi jika Anda sampai merasa rugi jika mereka tidak membeli dari Anda hari ini.

Pelanggan ingin dihargai.
Setiap orang yang datang ke café Anda, mereka berharap akan merasa yakin bahwa apa yang akan disajikan adalah menu atau hal istimewa yang Anda tawarkan. Sehingga mereka merasa dilayani dengan maksimal di tempat Anda.

Pelanggan ingin berbicara tentang diri mereka sendiri.
Pastikan dalam penjualan, pastikan selalu tentang pelanggan, tidak pernah tentang Anda. Fokuskan usaha Anda pada apa yang diinginkan pelanggan dan bagaimana Anda bisa memenuhinya, tinggalkan masalah tentang Anda di belakang.

Pelanggan menginginkan kesuksesan dan kebahagiaan.Menjual adalah proses membuat mimpi menjadi kenyataan. Pelanggan yang dating ke tempat Anda menginginkan agenda tersembunyi yang bisa Anda berikan untuk membantu mereka merealisasikan impiannya.

Pelanggan ingin Anda benar-benar mendengarkan.
Sebagai aturan umum, 75 % percakapan dengan pelanggan Anda adalah tentang mereka (Pelanggan) bukan tentang Anda. Pastikan Anda benar-benar menjadi pendengar yang baik. Terima sekecil apapun masukan atau saran yang mereka berikan. Anggaplah bahwa pembicaraan/saran mereka adalah hal penting yang selama ini Anda inginkan.

Pelanggan ingin di pahami.
Pelanggan, adalah seperti kebanyakan orang. Terkadang mereka berjuang untuk mengkomunikasikan tantangan dan peluang mereka. Mereka ingin Anda bersabar, mengajukan pertanyaan atau membantu memberi masukan positif untuk pemikiran-pemikiran mereka.

Pelanggan ingin mengajarkan apa yang mereka ketahui.
Sebuah kebanggaan bagi setiap orang yang telah berpengalaman untuk mengajarkan atau sharing ilmu yang telah didapatkan. Begitu juga pelanggan Anda, mereka akan merasa bangga dan dihormati jika dapat mengajarkannya kepada orang lain. Tempatkanlah diri Anda seperti mahasiswa, yang selalu penasaran untuk belajar lebih banyak.

Jika Anda dapat memahami konsep dasar ini, berarti Anda telah mengetahui strategi atau seperti apa cara yang tepat untuk diberikan kepada pelanggan Anda. Jika Anda melakukannya, maka datanglah apa yang mungkin terjadi.