Select Page

Menikmati secangkir kopi akan semakin lengkap jika kita bisa melihat langsung bagaimana proses yang lalui sehingga bisa menghasilkan secangkir kopi yang nikmat. Bagi kita membuat secangkir kopi mungkin itu hal yang mudah karena tinggal menyeduhnya apalagi sekarang sudah tersedia kopi dalam bentuk bubuk praktis. Tetapi bagaimana jika itu dinilai oleh seorang barista professional yang mendalami bagaimana membuat secangkir kopi yang benar-benar nikmat ?

ada beberapa kesalahan yang sering tidak disadari dalam membuat secangkir kopi, Bagi anda pecinta kopi atau ingin membangun bisnis Kopi perlu mengetahui hal ini:

Kesalahan pertama, Kesalahan dalam proses Roasting. sebelum terbentuk dalam bubuk praktis ada proses pembakaran atau sangrai untuk istilah perkopian. Pembakaran yang terlalu hitam pekat akan menghilangkan aroma khas untuk setiap jenis kopi dan menghasilkan pahit karena terlalu gosong. Sehingga kita harus jeli memilih jenis kopi yang telah melalui proses yang tepat.

Kesalahan ke dua, memasak air yang terlalu mendidih hingga 100 derajat Celcius. Apalagi mencampur bubuk kopi dengan air saat api masih menyala, ini justru akan membuat aroma biji kopi akan terbuang  sia-sia. Sehingga kita tidak bisa menikmati kopi sesuai yang kita inginkan. Semahal apapun kopi jika salah dalam pengolahanya, rasanya akan berbeda. Campurkanlah kopi pada suhu 95 derajat atau yang lebih rendah sehinga aroma kopi tidak rusak karena terlalu matang.

Kesalahan Ketiga, Kesalahan dalam menyimpan biji kopi. Memasukkan dalam lemari pendingin bukan langkah yang tepat agar kopi tetap awet. Justru ini akan menghilangkan aroma kopi saat di seduh. Solusinya, anda bisa menyimpannya ke dalam wadah atau ruangan yang sekecil mungkin udara bisa masuk. Namun juga sedapat mungkin ada udara yang dari dalam wadah penyimpan kopi bisa mudah keluar.

Dengan mengetahui cara pengolahan, pembuatan serta penyimpanan yang tepat, maka kualitas baik aroma atau rasa kopi akan tetap bertahan dan dapat dinikmati dengan sempurna.