Select Page

Ingin memulai usaha makanan tapi masih bingung bagaimana memulainya?

Usaha makanan saat ini memang banyak digemari orang karena omset yang dihasilkannya juga sangat menggiurkan. Banyak orang memilih usaha makanan ini karena usaha ini benar-benar bisa memberikan penghasilan yang sangat menggiurkan.

Usaha makanan ini menjadi trend karena bukan hanya sebagai usaha biasa atau asal-asalan namun banyak pengusaha makanan yang sukses hanya dengan usaha ini.

Anda pasti menginginkan sukses seperti mereka namun anda bingung bagaimana anda memulai bisnis ini. Usaha makanan bisa dilakukan dimana saja dan anda juga tidak membutuhkan modal yang besar. Karena berapa alasan itulah banyak orang yang menginginkan usaha ini.

Usaha makanan bisa berupa usaha catering, toko makanan atau kue, warung, produksi makanan ringan atau waralaba lainnya. Sebelum memulai usaha makanan ini ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar anda bisa memilih usaha makanan terbaik yang bisa dijalankan:

• Rasa makanan
Anda bisa memasak atau membuat makanan lezat namun anda tidak mempromosikan makanan anda kepada orang lain, tentu hal ini sia-sia saja. Namun bila anda menginginkan usaha makanan, anda bisa memanfaatkan hobi memasak tersebut untuk menciptakan citarasa makanan yang lain dari makanan lainnya.

Bicara soal rasa, dalam bisnis kuliner hal ini sangat penting, buatlah sebuah cita rasa masakan yang benar-benar membuat orang terngiang-ngiang akan kelezatannya. Jangan pernah membuat masakan hanya sekedar enak, tetapi buatlah yang benar-benar enak dan mengesankan agar orang yang menyicipinya secara naluri ingin menyampaikan kepada temannya. Hal ini akan sangat membantu anda dalam melakukan promosi dan pengembagan usaha anda.

• Peminat
Jika anda memilih usaha snack atau makanan ringan tentu saja anda harus memikirkan apakah peminatnya banyak atau tidak. Jika anda rasa peminat makanan tersebut sedikit maka anda bisa memilih makanan lainnya sebagai pilihan bisnis.

Jika peinat dari makanan yang akan anda pilih tersebut banyak maka anda bisa melanjutkan rencana bisnis makanan itu. Semakin banyak peminat dari makanan tersebut semakin baik bagi anda untuk mendapatkan konsumen. Walaupun banyak pesaingnya namun jika banyak konsumen yang berminat hal ini tidak menjadi masalah bagi anda.

• Brand atau merek
Anda bisa memilih merek atau brand yang bagus untuk produk makanan yanga akan anda produksi. Brand yang bagus aka memudahkan anda berpromosi pada konsumen. Merek inilah yang menjadikan citra perusahaan bisa bagus maupun jelek dimata konsumen. Sebaiknya anda memilih brand yang unik dan belum pernah ada sebelumnya.

• Ketersediaan bahan baku
Kalau usaha makanan seperti keripik singkong atau talas, anda harus memikirkan ketersediaan bahan baku tersebut. Bila ketersediaan bahan baku itu banyak dan tidak terbatas anda bisa memilih usaha itu, namun bila bahan baku makanan susah dicari dan ketersediaannya masih minim anda sebaiknya memilih usaha makanan lainnya.

Hal ini ditakutkan karena jika pelanggan sudah banyak dan mereka mencintai makanan anda sedangkan anda tidak bisa mensuplay lagi mereka pasti akan kecewa. Kekecewaan mereka bisa menghilangkan kepercayaan pada bisnis dan merek produk anda.

Beberapa pertimbangan diatas sangat penting untuk menentukan bisnis atau usaha makanan yang tepat bagi anda. Usaha makanan yang semakin menjamur ini menjadikan banyak pesaing dan anda sebagai usahawan baru harus mampu melawan semua pesaing. Buatlah usaha anda benar-benar berbeda dari lainnya dan jagalah kepercayaan konsumen.

Selera mereka adalah perjuangan anda untuk memuaskan mereka. Usaha makanan bisa memberikan peluang bisnis yang besar bagi siapa saja termasuk anda sampai kapan pun.